Menikmati Pemandangan Sawah di Bali, Suasana Pedesaan yang Membuat Kangen

Indonesia terkenal subur, tanahnya piawai menghasilkan panen terbaik yang menghidupi jutaan manusia. Dan lahan pertanian paling banyak ditemukan di desa.


Tanaman primadona pastinya padi.

Padi sumber makanan pokok yang rutin ditanam petani Indonesia. Kita belum kenyang kalau belum makan nasi.
Betul tidak?

Sawah di Bali

Sebagai bagian Indonesia, persawahan di Bali tidak mau kalah lho. Mayoritas bahkan menawarkan pemandangan indah pembuai hati.
Mari kita tengok beberapa fotonya.



Di mulai dari proses pembajakan sawah. Sekarang sangat bergantung dengan traktor, penggunaan mesin mempercepat pekerjaan. 
Kalau dulu sapi sebagai penarik bajak, prosesnya tradisional.

Untuk daerah timur Bali, Gianyar, setiap membajak pasti ditemani burung-burung cangak.

Dengan setia mereka mengintili pembajak sawah. Berkumpul sembari matanya awas mengamati gemuruh air akibat terjangan mesin.



Gerombolan ini mematuk makanan favoritnya yang keluar dari tanah karena diganggu traktor pak tani. Dengan sukacita hilir mudik menikmati pesta yang jarang-jarang muncul, melahap sajian berlimpah dari sawah.


Saat pengolahan tanah usai, dilanjutkan dengan penanaman bibit. Di atas adalah gambar padi kecil yang baru di tanam.
Hamparan sawahnya luas berlatar belakang bukit hijau.

Adem sekali kan pemandangannya?


Menikmati view seperti ini sambil minum kopi di pagi hari rasanya luar biasa. Pengalaman yang sulit diungkapkan dengan kata-kata. Rasa letih yang bercokol di hati sirna, yang ada hanya bahagia dan gembira.


Sekarang padinya sudah remaja. Kalau dilihat dari kejauhan, seakan melihat bentangan karpet hijau yang tidak berujung. Mata berasa segar, enak banget melihat gambaran alam seperti ini.


Nah...
Bulir-bulir padi sudah menggelayut. Pak tani pasti bahagia melihat tanaman yang dirawatnya dari dua bulan lagu sudah berbuah.

Beberapa hari lagi siap panen...


Bulir padi yang gemuk seakan menjadi puncak perjuangan petani. Ini gambaran kisah sukses perjuangan mereka memelihara tanaman ini dari bibit.
Kuningnya bulir pertanda padi siap di panen.


Apa yang teringat di benak saat melihat foto di atas?
Seperti lukisan bukan?

Warna kuning padi dari kejauhan sangat indah. Mata betah berlama-lama memandangnya. Sungguh sajian alam yang mengagumkan.


Ok...
Sebagai penutup adalah foto jalan yang membelah persawahan. Ditemani puluhan pohon kelapa di kedua sisinya.
Indah kan?

Bagi teman-teman yang pernah ke Bali, pasti merasakan indahnya hamparan sawah hijau kekuningan. Kalau belum berkunjung, rencanakan dulu. Siapkan dana dan nikmati liburan menyenangkan bersama orang tersayang...


Baca juga ya :

Post a Comment for "Menikmati Pemandangan Sawah di Bali, Suasana Pedesaan yang Membuat Kangen"