Keuntungan Menggunakan Mouse Wireless Saat Beraktivitas Dengan Komputer atau Laptop

Perkembangan teknologi komputer sangat gencar, bahkan tidak menunjukkan tanda-tanda kelelahan. Ada saja penemuan baru yang semakin memudahkan penggunannya. 



Contohnya mouse.

Mouse awalnya didesain menggunakan kabel yang dihubungkan ke komputer. Bentangan kabel ini terkadang mengganggu dan membuat kita tidak nyaman. Akhirnya muncullah mouse wireless yang sanggup meringkas tampilan set up komputer

Keuntungan menggunakan mouse wireless

Popularitas mouse wireless semakin tinggi, tentu saja karena ada keuntungan yang ditawarkan olehnya.
Apa saja sih keuntungan itu?

1) Tidak menggunakan kabel

Absennya kabel membuat aktivitas menggunakan komputer jauh lebih enak dan nyaman. Bentangan kabel panjang tidak lagi mengganggu pandangan. Akhirnya tampilan meja lebih rapi, bersih dan sederhana.

2) Mudah dibawa

Karena tidak ada kabelnya, sangat mudah menyimpan mouse ke dalam tas. Saat aktivitas di luar rumah lebih enak dan nyaman. 

Saat bekerja bareng teman, berbagai satu meja bersama, teman tidak terganggu kabel mouse. Mungkin anda pernah merasakannya.



3) Hemat baterai

Baterai yang digunakan ada model AAA atau baterai ukuran AA (biasa untuk jam dinding), tergantung merk mousenya. Dan rata-rata awet. 

Pernah saya punya mouse yang hanya menggunakan satu baterai AA, tahan selama 8 bulan. Sehari saya bisa menggunakannya selama 4 jam.

4) Lebih menarik dilihat

Karena nihil kabel, mouse terlihat lebih elegan, keren bahkan menimbulkan kesan modern. Sangat cocok bagi anda yang sering bepergian ke luar rumah dan memberikan kesan menarik bagi yang melihatnya.

Kelemahan mouse wireless

Walaupun menawarkan banyak kemudahan, mouse wireless tidak luput dari kekurangan. Suatu produk pasti memiliki plus dan minusnya.

Untuk mouse wireless, kekurangannya seperti di bawah.

1) Menggunakan daya tambahan

Daya tambahan yang dimaksud adalah baterai. Karena tidak menggunakan kabel, maka mouse harus ditenagai daya tambahan agar bisa dipakai normal.

Tetapi harga baterai yang terjangkau membuatnya tidak terlalu masalah. Apalagi ada mouse yang hanya menggunakan satu baterai AA saja, yang harga satuannya sekitar 6000-an, disertai masa pakai lama, pastinya tidak terlalu memberatkan.

Cuma, jika tidak punya baterai cadangan saat mouse mati, merepotkan. Apalagi jika sedang mengadakan meeting penting, pastinya mengganggu.


2) Rentan terjatuh

Saat tidak sengaja menyenggolnya terlalu kencang, mouse bisa terpelanting dan terjatuh dari meja. Duh, bisa-bisa rusak.

Kalau menggunakan tipe berkabel, mouse relatif lebih aman karena kabel menahannya agar tidak langsung menghujam lantai.

3) Jika dongle atau receiver rusak, tidak bisa digunakan

Karena tidak ada kabel, proses penerimaan sinyal dikelola oleh receiver yang bentuknya mirip flashdisk berukuran kecil. Jika alat ini rusak, praktis mouse tidak berdaya. Anda tidak bisa menggunakannya lagi.

4) Ada delay

Dibeberapa kasus, mouse wireless memiliki delay sebelum mengeksekusi perintah. Bagi beberapa orang, ini menyebalkan.

Misalnya seorang gamer lebih menyukai mouse dengan kabel karena performanya lebih sigap dan terhindari dari delay.

Kesimpulan

Nah…
Kalau anda pilih mana, mouse berkabel atau wireless? Semuanya sesuai selera dan disesuaikan dengan kebutuhan.

Kalau anda sibuk di luar rumah, mouse wireless bisa dipilih karena lebih ringkas, tidak memakan tempat dan terlihat keren saat dipakai.

Dan bagi anda yang hobi nge-game atau membutuhkan mouse berdaya respon terbaik, gunakan yang ada kabelnya. 
Mouse jenis ini tidak memiliki delay layaknya mouse wireless.


Baca juga ya :

Post a Comment for "Keuntungan Menggunakan Mouse Wireless Saat Beraktivitas Dengan Komputer atau Laptop"